Apa Itu Google Panda dan Google Penguin?

Apa itu Google Panda? Apa itu Google Penguin? Apakah Google memelihara binatang panda dan penguin di kantornya atau Google berjualan boneka binatang tersebut?
Bukaann!!!

Terus apa dong???

Baik. Buat yang belum tahu, kedua nama binatang dari Google tersebut adalah sebuah alogaritma dari Google yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pencarian dari mesin pencari Google.

Terasa tidak sih kawan, akhir-akhir ini hasil pencarian di Google sekarang lebih relevan ketimbang dahulu? Kalau dahulu, pencarian Google di halaman pertama diisi dengan website/blog yang tidak jelas seperti waktu kita klik blog tersebut ternyata isinya iklan semua atau malah kita berputar-putar di halaman yang sama.

Tapi sekarang sepertinya sudah tidak lagi. Itu dari sejauh yang saya tahu dan pengalaman berselancar dengan Google memang lebih relevan.

Oke kembali ke kedua "binatang" tersebut. Kita bahas satu-satu ya.

Yang pertama adalah Google Panda. Alogaritma Google Panda dirancang untuk berusaha menampilkan blog-blog yang berkualitas baik, tidak copy-paste, dan original. Biasanya yang terkena dampak dari Google Panda adalah website/blog yang isinya full atau banyak copy-paste dan autoblog (kalau ada yang lain tambahkan ya). Jadi intinya, Google Panda lebih berfokus pada kualitas konten.

Yang kedua adalah Google Penguin. Kalau dari namanya, lucu ya ada penguin. Binatang dari kutub utara itu. Tapi disini Google Penguin bertujuan untuk menghukum atau menghapus blog yang menerapkan Black Hat SEO seperti keyword stuffing, doorway pages, cloacking, dll. Jadi Google Penguin lebih berfokus pada website dan hasil pencarian.

Oke-oke, saya jelasin satu-satu karena pasti kamu juga bingung. Hehe, peace ah!

  • Keyword Stuffing adalah menempatkan suatu keyword (kata kunci) yang sangat banyak di sebuah artikel yang dibuat dengan tujuan mendapatkan posisi pertama untuk kata kunci tersebut.

  • Doorway Pages adalah menempatkan keyword pada sebuah halaman website yang sama persis seperti yang kita ketik di Google lalu kemudian melakukan redirect (pengalihan) ke sebuah situs tertentu. Jadi misalnya kita ketik "blablabla", nah pada blog yang kita klik nanti isinya juga "blablabla" dengan variasi yang lain. Lalu kita dialihkan ke halaman tertentu. Seperti itu sederhananya.

  • Cloacking adalah teknik yang dapat memanipulasi bot bot Google dengan memberikan deskripsi yang relevan di mesin pencari Google. Tetapi sewaktu user mengklik website tersebut, ternyata isinya jauh dari apa yang dideskripsikan Google.

Masih bingung? Sama saya juga bingung ngejelelasin sederhananya. Pokoknya itulah! Haha.

Sumber postingan dan pengertiannya ini saya sadur dari http://www.nurasto.com/2012/10/29/apa-itu-google-panda-dan-google-penguin/, tapi kalimatnya pakai versi saya sendiri.

Jadi Google Panda dan Google Penguin itu adalah sebuah alogaritma yang menyempurnakan hasil pencarian di mesin pencari Google. Kedua alogaritma tersebut selalu diupdate oleh tim dari Google. Seperti pada saat sekarang saja, Google Penguin sudah mencapai 2.0 yang baru diupdate tanggal 22 Mei 2013 yang diumumkan oleh Matt Cutts selaku Head of the Webspam Team Google.

Bila ingin mengenal lebih jauh tentang Matt Cutts atau tentang SEO, bisa langsung meluncur ke blognya di mattcutts.com/blog.

Gimana, sudah kenal sekarang dengan Google Panda dan Google Penguin?

Ngeri juga ya kalau tiba-tiba blog kita terkena Google Panda dan Google Penguin. Tapi tenang saja. Selama blog kita tidak macem-macem dan menggunakan teknik SEO yang sewajarnya, jangan takut sama alogaritma Google tersebut. Justru jadikanlah mereka teman baik bagi blog kita agar kita jadi lebih hati-hati dan jangan melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan Google.

Semoga bermanfaat :)

5 Responses to "Apa Itu Google Panda dan Google Penguin? "